Profil Mikel Arteta, Jenius yang Kini Melatih Meriam London

Profil Mikel Arteta

Mikel Arteta atau bernama lengkap Mikel Amatriain Arteta merupakan seorang pelatih dan mantan pemain sepak bola yang berposisi sebagai gelandang. Pemain berkebangsaan Spanyol ini dikenal dunia sebagai salah satu legenda dari klub asal London, Arsenal. Bagaimana perjalanan karier dan profil mikel arteta hingga kini? Berikut ulasannya!

Profil dan Kehidupan Awal Mikel Arteta

Lahir 26 Maret 1982 di kota San Sebastián, Arteta memiliki nama lengkap Mikel Amatriain Arteta. Nama tersebut diambil dari tradisi penamaan di Spanyol, yaitu Arteta merupakan nama keluarga Ayah, sedangkan Amatrian dari pihak Ibu. Mikel Arteta mengenal sepak bola sejak usia dini tepatnya ketika bergabung dengan klub remaja amatir, Antiguoko.

Ketika kecil, Arteta memiliki teman bermain sepak bola yang kini juga merupakan pemain top yaitu Xabi Alonso. Keduanya sering kali bermain di sepanjang pantai dan bermimpi bermain bersama kelak. Pemain ini tergolong jenius dengan kemampuan multi bahasanya yaitu Spanyol, Basque, Katalan, dan Inggris. Arteta menikah dengan Lorena Bernal dan memiliki 3 orang anak.

READ  Profil Frank Lampard Sang Legenda Hidup Chelsea

Karier Junior di Barcelona

Setelah bergabung dengan Antiguoko, Arteta kemudian memutuskan bergabung ke skuad Barcelona B pada usia 15 tahun. Sementara itu, teman masa kecilnya, Xabi Alonso bergabung dengan Real Sociedad. Bersama Barcelona B, Arteta tampak belum menunjukkan performa baik. Transfer musim dingin 2000/01, Arteta akhirnya dipinjamkan ke Paris Saint Germain.

Luis Fernandez, manajer Paris Saint-Germain pada saat itu, menempatkan Arteta pada posisi playmaker. Arteta kemudian bermain cukup banyak bagi PSG hingga akhir musim 2001/02. Total Arteta telah tampil sebanyak 53 laga dengan mencetak 5 gol dan 4 assist. Performanya ini kemudian menarik perhatian klub asal Skotlandia, Rangers FC.

Karier Senior di Britania Raya

Maret 2002, Arteta kemudian menandatangani kontrak senior pertamanya dengan Rangers FC senilai £6 juta. Hal ini juga menjadi permulaan profil Mikel Arteta semasa karir seniornya. Arteta bertahan selama dua musim di klub tersebut dan kembali ke Spanyol dengan klub Real Sociedad. Klub ini merupakan klub impiannya sejak kecil dengan Xabi Alonso.

READ  Inilah Profil Egy Maulana Pemain Muda Kebanggaan Bangsa

Sayangnya, gelandang ini hanya bertahan selama setengah musim dan akhirnya dipinjamkan ke Everton pada musim 2004/05. Everton kemudian mempermanenkan statusnya dengan nilai €2.8 juta. Arteta kemudian mulai menampakkan performa menjanjikan selama 7 musim bersama Everton. Total 209 laga telah dilaluinya dengan mencetak 35 gol dan 35 assist.

Musim 2011/12, Arteta kemudian meninggalkan Everton dan bergabung dengan Arsenal. Arteta total memperkuat Arsenal selama 5 musim dan penampilan semakin dikenal dunia. Total telah 150 laga dimainkannya bersama Arsenal sampai akhirnya pada musim 2016/17, dirinya memutuskan pensiun. Setelah itu dia melanjutkan karirnya sebagai asisten pelatih Pep Guardiola di City.

Karier Tim Nasional

Gelandang tengah ini telah bermain bagi tim nasional Spanyol sejak level Junior U 16. Pada tahun 1999, dirinya mampu membawa Spanyol memenangkan UEFA European U 16 Championship. Bersama tim nasional U 16, Arteta telah tampil sebanyak 10 laga dan mencetak 4 gol. Kariernya kemudian berlanjut hingga tingkat U 21.

READ  Profil Kurnia Meiga Penjaga Gawang dan Mantan Punggawa Tim Nasional yang Kini Bermain Untuk Arema FC

Karier Pelatih

Pada 3 Juli 2016, setelah memutuskan bergabung dengan Manchester City sebagai asisten pelatih Pep Guardiola. Arteta setelah pensiun, sebenarnya ditawarkan opsi lainnya yaitu sebagai pemimpin akademi Arsenal atau staf di Tottenham. Namun, Arteta bergabung bersama Guardiola yang merupakan teman dekatnya sejak di akademi Barcelona.

Pada 2018, Arsenal saat itu cukup tertarik menjadikan Arsenal sebagai manajer pasca kepergian Arsene Wenger. Namun, Arsenal kemudian memilih Unai Emery sebelum akhirnya dipecat pada akhir tahun 2019. Arteta yang saat itu telah dipercaya kemampuannya kemudian dipercaya mengisi posisi pelatih Arsenal pada Desember 2019. Bersama Arsenal, Arteta telah mendapatkan gelar Piala FA dan Community Shield.

Demikianlah profil Mikel Arteta si gelandang jenius yang saat ini menjadi pelatih. Mikel Arteta sebagai pelatih Arsenal sempat berada dalam masa krisis setelah kekalahan beruntun yang dialaminya. Namun, kini Arsenal perlahan mulai bangkit bersama Mikel Arteta. Hal tersebut tidak lain juga dipengaruhi tangan jenius Arteta.

You May Also Like

About the Author: Leonardo Brown