Profil Marco Van Basten Mantan Pemain Sepak Bola Belanda dan Kini Menjadi Seorang Pelatih Sepak Bola

Profil Marco Van Basten

Sebelum kalian membaca artikel dengan berjudul Profil Marco Van Basten Mantan Pemain Sepak Bola Belanda dan Kini Menjadi Seorang Pelatih Sepak Bola, kami ada info buat kalian yang gemar bermain Sakong Online Terbaik bisa berkunjung dan bermain ke Agen Sakong Terbaik dijamin seru banget apalagi bermain bersama teman.

Marco Van Basten merupakan mantan pemain sepak bola dari Belanda dan sekarang menjadi seorang pelatih sepak bola. Penasaran bagaimana mantan pemain bola ini merintis karirnya di dunia sepak bola sehingga sekarang menjadi seorang pelatih sepak bola? Yuk simak Profil Marco Van Basten sebagai berikut!

Profil dan Kehidupan Pribadi Marco Van Basten

Marco Van Basten dilahirkan di Utrecht, Belanda pada 31 Oktober 1964. Pemilik nama Marcel Marco Van Basten ini lahir dari pasangan Joop Van Basten dan Leny. Keluarga Van Basten boleh disebut keluarga yang sangat menggemari permainan sepak bola.

READ  Profil Frank Lampard Sang Legenda Hidup Chelsea

Sang ayah dulunya merupakan seorang pelatih sepak bola di klub kecil di lingkungan tempat keluarga Van Basten tinggal. Dari kecil dirinya sudah dilatih keras oleh ayahnya hal tersebut menjadikannya dingin ketika bermain di lapangan bola. Walaupun permainannya bagus, namun jarang sekali ayahnya memuji permainan tersebut.

Pada 21 Juni 1993 Van Basten menikah Liesbeth Van Capelleveen. Dan berkat pernikahan tersebut keduanya telah memiliki 2 orang anak. Anak pertamanya bernama Alexander Van Basten dan Rebecca Van Basten. Itulah Profil Marco Van Basten.

Perjalanan Karier Marco Van Basten Sebagai Striker

Sedari kecil dirinya sudah dibentuk sebagai pemain sepak bola oleh sang ayah. Karier juniornya dimulai ketika dirinya bergabung dan membela tim EDO, UVV, dan USV Elinkwijk.

Dengan tim yang dibelanya, Van Basten benar-benar mengeluarkan semua kemampuannya. Kemudian dirinya direkrut oleh klub yang lebih besar, Ajax Amsterdam. Bersama klub barunya, karirnya di dunia sepak bola makin melesat cepat.

Bergabung dengan Ajax Amsterdam pada 1981, dirinya menjadi pemain sepak bola andalan klubnya. Van Basten pernah mencetak top skor Liga Belanda beruntun sebanyak 4 kali. Tak hanya itu, dirinya juga dianugerahi Sepatu Emas Eropa 1986.

READ  Profil Kurnia Meiga Penjaga Gawang dan Mantan Punggawa Tim Nasional yang Kini Bermain Untuk Arema FC

Total gol yang pemain bola ini cetak saat bermain bersama Ajax Amsterdam sebanyak 120 gol. Juga ada gelar Eredivisie yang disandangnya 3 kali, gelar Winner Cup 1987 juga disandangnya. Kemudian dirinya berpindah ke Klub AC Milan.

Di klub barunya, Van Basten langsung dipilih menjadi striker utama. Bersama Klub AC Milan dirinya bermain dengan Ruud Gullit dan Frank Rijkaard, lalu uniknya ketiganya dijuluki Trio dari Belanda. Dengan AC Milan dirinya meraih gelar juara Serie A sebanyak 3 kali dan gelar Liga Champions sebanyak 2 kali.

Dirinya juga memenangkan 3 gelar Ballon d’Or dan piala “Pemain Terbaik” FIFA 1992. Menjadi top skor Liga Italia sebanyak 2 kali. Selain itu, dirinya pernah menjadi striker utama di Timnas Belanda tahun 1983. Meraih gelar juara EURO tahun 1988, merupakan satu-satunya trofi bergengsi yang dimiliki Timnas Belanda.

Gelar EURO yang diraihnya karena berhasil memenangkan pertandingan melawan Uni Soviet. Dirinya mempersembahkan 5 gol dan merupakan gol yang ikonik dan sangat bersejarah. Tahun 1995 dirinya pensiun dini sebagai pemain sepak bola karena mengalami cedera dan membuatnya undur sejak 1993. Saat pensiun dirinya berumur 28 tahun.

READ  Profil Mikel Arteta, Jenius yang Kini Melatih Meriam London

Karier Marco Van Basten Sebagai Pelatih

Marco Van Basten pun memilih berkarir di balik lapangan. Yup, dirinya menjadi pelatih pemain bola. Beberapa tim bola yang pernah dilatihnya antara lain Jong Ajax, Heerenveen, Tim Nasional Belanda, Ajax Amsterdam, dan AZ Alkmaar.

Selain itu, dirinya juga pernah dipercaya untuk memegang jabatan bergengsi di FIFA. Di FIFA, dirinya dipercaya akan memberikan inovasi-inovasi baru di dunia sepak bola. Dirinya pun pernah mengusulkan untuk menghapus peraturan offside. Namun hingga sekarang hal tersebut belum disahkan.

Dan perjalanan karirnya di FIFA pun tak berlangsung lama. Sehingga dirinya berfokus melatih beberapa tim lokal Belanda hingga sekarang. Nah, itu lah Profil  Marco Van Basten Mantan Pemain Sepak Bola Belanda dan Kini Menjadi Seorang Pelatih Sepak Bola. Keren banget legenda satu ini.

You May Also Like

About the Author: Leonardo Brown