Inilah Formasi Sepak Bola Terbaik, Favorit Klub Sepak Bola Dunia

Formasi Sepak Bola Terbaik

Formasi menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam permainan sepak bola. Ada beberapa formasi yang dikenal sangat bagus, dan digunakan oleh klub dunia ternama. Meski terlihat tidak begitu penting, formasi yang salah dapat mendatangkan kekalahan bagi klub yang menggunakannya. Berikut beberapa formasi sepak bola terbaik, yang menjadi favorit klub sepak bola dunia.

1. Formasi 4-3-3

Formasi yang pertama ialah formasi 4-3-3. Bagi para penggemar klub Barcelona pasti sudah tidak asing lagi dengan formasi satu ini. Formasi ini sudah seperti formasi legendaris yang digunakan oleh klub Barcelona. Sudah lebih dari 1 dekade formasi ini digunakan oleh klub yang akrab disapa Barca ini.

Beberapa pelatih klub Barca menganggap jika formasi ini menjadi formasi sepak bola terbaik. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya kemenangan yang diperoleh berkat formasi 4-3-3 ini. Tidak hanya Barca, klub terkenal lain juga menggunakan formasi ini. Mulai dari Real Madrid, Chelsea, dan klub dunia lainnya.

2. Formasi 4-4-2

Formasi yang kedua adalah 4-4-2. Sudah banyak sekali klub dunia yang menggunakan formasi satu ini. Itulah mengapa formasi ini, disebut juga dengan formasi klasik. Banyak pelatih sepak bola menggunakan formasi ini, karena dianggap seimbang dan dinamis. Para pelatih sepak bola menilai, formasi ini dapat membuat pemainnya lebih rileks saat bermain.

Formasi ini memang sangat terkenal, khususnya di tahun 90an saat formasi ini digunakan oleh Milan. Saat itu Milan berhasil merajai sepak bola Eropa, berkat formasi satu ini. Tidak heran jika formasi ini disebut-sebut sebagai formasi legendaris. Tetapi saat ini sudah banyak klub sepak bola yang beralih dari formasi 4-4-2 ini.

3. Formasi 3-5-2

Formasi yang ketiga adalah formasi 3-5-2. Klub sepak bola Italia sangat sering menggunakan formasi satu ini. Formasi ini diperkenalkan oleh Carlos Bilardo asal Argentina, dan Franz Beckenbauer asal Jerman di Piala Dunia tahun 1986. Klub sepak bola Argentina membuktikan kehebatan formasi ini. Saat itu Argentina berhasil memenangkan pertandingan di Piala Dunia, dengan menggunakan formasi ini.

Tidak hanya Argentina, klub sepak bola Jerman Barat juga sukses meraih kemenangan berkat formasi 3-5-2 ini. Kunci agar formasi ini bisa dijalankan dengan baik adalah komunikasi antara para pemainnya. Komunikasi harus benar-benar akurat, jika menggunakan formasi ini.

4. Formasi 4-3-2-1

Formasi yang keempat adalah formasi 4-3-2-1. Seperti berhitung mundur bukan? Formasi satu ini masih belum banyak digunakan atau masih langka. Tetapi menurut pengamat sepak bola, formasi ini menjadi salah satu formasi sepak bola terbaik. Lawan akan sangat susah menembus formasi ini, karena mengandalkan 4 bek untuk bertahan.

Kekuatan dan skill penyerang lah yang sangat dibutuhkan dalam formasi ini. Penyerang atau striker hanya akan ditempatkan sendirian di depan. Jadi skill dan kekuatan benar-benar harus dimiliki oleh penyerang tersebut.

5. Formasi 4-2-3-1

Formasi yang terakhir ialah formasi 4-2-3-1. Susunan formasi ini tidak berbeda jauh dengan formasi sebelumnya. Bentuk formasi seperti ini, lebih ditujukan untuk bertahan daripada menyerang. Sudah banyak pelatih sepak bola yang membuktikan kehebatan dari formasi ini. Pelatih seperti Joachim Low, Bert Van Marwijk, hingga pelatih terkenal Jose Mourinho.

Dalam formasi ini komunikasi antara pemain juga sangat dibutuhkan. Komunikasi tersebut digunakan untuk menyerang balik lawan. Dengan memanfaatkan kecepatan dan skill dari gelandang penyerang, perlawanan balik akan sangat mudah untuk dilakukan.

Itulah tadi beberapa formasi sepak bola terbaik. Formasi-formasi sepak bola di atas sudah terbukti kehebatannya. Tidak heran jika banyak sekali klub-klub sepak bola dunia, yang menggunakan formasi diatas.

About the Author: Leonardo Brown